Tuesday 10 May 2011

MUSIK ADALAH MAGIS

Makin hari para terapis musik membuktikan bahwa musik adalah obat yang mujarab bagi beragam klien. Selain itu juga terbukti bahwa anak yang belajar musik mengalami peningkatan rata-rata dalam kemampuan matematika dan sains. Bahkan dikatakan bahwa pendidikan musik lebih hebat dari pada pendidikan computer dalam meningkatka kapasitas mental dan intelegensi spasial anak. Belakangan ini para akademisi mulai menyebarluaskan program untuk mendukung perkembangan anak. Saat ini, ibu-ibu muda yang baru melahirkan dan meninggalkan rumah bersalin akan dibekali seperangkat peralatan musik yang sangat khusus, termasuk materi pendidikan dan CD musik yang dirancang secara khusus untuk membantu tumbuh-kembang otak bayi. Dapat dipastikan bahwa musik perlu disediakan bagi anak khususnya yang hidup dalam kondisi dan lingkungan buruk, karena musik dapat meningkatkan rasa ahrga diri, percaya diri dan memberi harapan dalam setiap kesempatan. Terlebih untuk meningkatkan kualitas masyarakat melalui kesenian yang berbicra tentang jiwa, membawa berbagai kultur dan membuat lebih cerdas.
Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan belajar musik mungkin merupakan salah satu sarana agar hidup menjadi lebih menarik. Bentuk partisipasi tergantung pilihan individu karena bagaimanapun juga aktivitas musik dapat digunakan untuk menstimulasi motivasi diri. Sudah banyak advokasi dan provokasi diberikan kepada orang dewasa agar menghargai kesehatan dan mencegah penyakit, dan bahwa keterlibatan pada musik menjadikan fisik seserang lebih baik. Ketika seseorang berhasil melalui musik, bebas dari bosan, secara langsung akan mempengaruhi produktivitas dan rasa gembira.
Sebagai komplemen, perasaan terhadap prestasi dan kepuasan juga cenderung memengaruhi perasaan sakit apalagi dalam suasana yang menyenangkan. Pengalaman merespons emosi secara positif menunjukkan bahwa secara umum orang akan merasa lebih nyaman. Hampir semua orang sehat memiliki waktu, kesempatan dan energi untuk mengejar kesenangan termasuk aktivitas musik. Ada yang memiliki keinginan untuk mengembangkan keterampilan musik atau kembali belajar musik lagi. Tanpa perlu menghiraukan usia saat mulai, kegiatan musik menyediakan potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas hidup. Idealnya, orang belajar musik mulai sejak usia muda dan biasanya di sekolah dasar. Sayangnya, bila merka tidak memiliki kecenderungan atau kesempatan untuk memulai pada usia dini biasanya akan diakukan saat usia yang sudah tidak remaja lagi dan biasanya merasa sudah terlalu tua untuk belajar.
Frederick Tims, pimpinan Music Therapy di University of Michigan mengatakan, kalau kita merasa kuat, itu merupakan keberuntungan karena sehat dan hal itu dapat dicapai oleh orang yang belajar musik dalam suasana menyenangkan. Para peneliti percaya bahwa kegiatan musik dapat menjadi sebuah pilihan karena memberikan kesenangan dan kegembiraan. Di dalam ruang kelas, musik memberikan kesempatan interksi sosial secara total dalam lingkungan yang tidak menankutkan. Kenyataan bahwa belajar musik dapat meningkatkan semangat hidup telah dibuktikan melalui banyak penelitian sehingga banyak orang tua yang berusaha meningkatkan kemampuan musikalitasnya. Lebih lanjut kemampuan ini sering membekas untuk beberapa dekade. Dapat dipastikan bahwa aktivitas musik merupakan ide yang efektif untuk menyongsong hari tua serta tidak ada kata terlambat untuk belajar musik

No comments:

Post a Comment